Mengetahui Pengertian dan Sejarah Berkembangnya Inkscape
Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows.
Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape
tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk
pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape
bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu
yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor
komersil. Pada 2010, Inkscape dalam proses pengembangan aktif, dengan penambahan fitur dan antarmuka baru secara rutin pada setiap rilis baru.
Sejarah Inkscape
Inkscape dirintis pada tahun 2003 sebagai sebuah fork dari proyek Sodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application), buah karya dari Raph Levien.
Fork itu dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang yang
beranggotakan mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington,
Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengenali perbedaan-perbedaan dari
tujuan-tujuan projek itu, keterbukaan bagi kontribusi pihak ketiga, dan
ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking.
Dengan Inkscape, mereka berpendapat bahwa mereka dapat memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG
secara lengkap, tidak seperti pengembangan Sodipodi yang menekankan
pada pembuatan sebuah editor grafik vektor yang umum, dengan
mengorbankan implementasi SVG. Sejak dikembangkan dalam fork itu, Inkscape berganti dari menggunakan bahasa pemrograman C ke C++; berubah ke GTK+ toolkit C++ bindings (gtkmm); merancang ulang antarmuka pengguna
dan menambahkan sejumlah fitur baru. Penerapannya terhadap standar SVG
telah menunjukkan perbaikan yang signifikan, meski belum lengkap. Lebih baik daripada prinsip perintah atasan-bawahan, para pengembang
dikondisikan dengan budaya kesetaraan di mana ide bermunculan dari
kemampuan para pengembang secara perseorangan dan keterlibatan yang
aktif di dalam proyek. Hasilnya, proyek ini menempatkan penekanan
istimewa pada pemberian akses penuh bagi semua pengembang untuk
mengakses kode sumber, dan pada keikutsertaan di dalam komunitas open source yang lebih luas (seringkali berbentuk inisiatif antar-proyek seperti Create Project, Libre Graphics Meeting dan Open Clip Art Library).
Walaupun pendatang baru dapat memainkan peranan penting, para pendiri
projek masih terwakili secara baik pada proses pengambilan keputusan. Di
antara mereka adalah "bulia byak", arsitek dari perubahan antarmuka
pengguna Inkscape yang radikal yang telah memberi bentuknya
sekarang. Antarmuka baru itu berorientasi pada antarmuka pengguna grafik dari Xara Xtreme.
Setelah Xara meluncurkan rencana untuk merilis aplikasi pelukisan Xara Xtreme secara open source,
mereka mengungkapkan minat untuk bekerja sama dengan Inkscape agar
kedua-dua proyek ini dapat saling berbagi kode, usaha terkoordinasi, dan
membuat editor grafik open source yang lebih hebat daripada editor grafik apapun yang tersedia secara proprietary.
Sejak 2005, Inkscape ikut serta di dalam Summer of Code, program dari Google.
Sejak November 2007, sistem pencarian kesalahan program Inkscape ditanam di Sourceforge, tetapi pada 21 November 2007 dinyatakan bahwa mereka akan memindahkannya ke Launchpad.
Sumber Referensi :
Post a Comment for "Mengetahui Pengertian dan Sejarah Berkembangnya Inkscape"